Followers

Popular Posts

Search

Ketik kata yg ingin dicari, kemudian tekan enter

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Sabtu, 10 September 2011

FRANCIS BACON (1561-1626)

          No comments   
Francis Bacon (lahir 22 Januari 1561 dan meninggal pada 9 April 1626) adalah tokoh terkemuka dalam filsafat alam dan metodologi ilmiah dalam periode transisi antara periode Renaissance menuju era awal modern. Beliau juga Sebagai seorang ahli hukum, anggota Parlemen dan Penasehat Ratu Elizabet. Terkait profesinya itu, Bacon menulis banyak pertanyaan dalam bidang hukum, kenegaraan dan agama sebagaimana dalam politik kontemporer, tetapi ia juga mempublikasikan teks-teks yang dispekulasi sebagai konsep-konsep kemasyarakatan yang mungkin terjadi, dan ia merenungkan pertanyaan-pertanyaan tentang etika (buku Essays) meskipun bidangnya adalah filsafat alam (The Advancement of Learning).

Setelah studinya di Trinity College, Cambridge and Gray’s Inn, London selesai, Bacon tidak melanjutkan studinya ke pasca sarjana, melainkan memulai karir di bidang politik. Meskipun usahanya tidak dianugerahi keberhasilan selama pemerintahan Ratu Elizabeth, di bawah James I ia menanjak ke jenjang politik tertinggi, sebagai Lord Chancellor. Bacon termasyur secara internasional dan berpengaruh luas pada masa-masa akhirnya, saat ia mampu memfokuskan energinya pada bidang filsafat, dan bahkan setelah kematiannya, ketika ilmuwan Inggris Boyle (Invisible College) mengambil idenya tentang lembaga riset koperatif dalam rencana dan persiapan-persiapan mereka untuk memapankan Masyarakat Kerajaan.

Sampai saat ini Bacon sangat dikenal akan teorinya tentang filsafat alam empiris (The Advancement of Learning, Novum Organum Scientiarum) dan atas doktrinnya tentang permasalahan idola-idola, yang dikemukakan di bagian awal dari tulisannya, sebagaimana gagasan tentang sebuah lembaga riset modern yang dijelaskan dalam Nova Atlantis.




Biografi selengkapnya bisa saudara baca di alamat sumber asal yang saya tulisankan di bawah ini.


Sumber:
  • http://filsafat.kompasiana.com/2010/12/28/biografi-dan-pemikiran-filsafat-francis-bacon-1561-1626/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Francis_Bacon
  • 0 komentar:

    Posting Komentar